Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 12 Februari 2013

Perkembangan ANDROID

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang khusus diciptakan untuk perangkat handphone seperti smartphone dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

 
Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Perkembangan Android A-??? (^^)

1.1 Android

Android dirilis pada tanggal 9 Maret 2009. Versi 1.1 ini dilengkapi dengan penambahan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

1.5 Cupcake

Google kembali merilis versi 1.5 yang diberi nama Cupcake. Dalam versi Cupcake, ada beberapa pembaharuan dan penambahan fitur yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa secara langsung, Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang disesuaikan dengan sistem.

1.6 Donut

Donut dirilis pada bulan September. Adapun penambahan dan pengembangan dari versi sebelumya ialah dapat menampilkan proses pencarian lebih baik dari sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Bukan itu saja, fitur lainnya ialah galeri yang memungkinkan penggunanya dapat memilih foto yang akan dihapus, kamera camcorder dan galeri yang diintegrasikan, CDMA/EVDO, 802.1x, VPN, Gestures dan Text-to-speech Engine, kemampuan dial kontak, dan teknologi text to change speech.

2.0/2.1 Eclair

Versi ini dirilis pada 3 Desember 2009. Adapun perubahan dan pengembangannya ialah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak baru, penambahan flash pada kamera 3.2MP, digital zoom dan Bluetooth 2.1.

2.2 Froyo (Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Google meluncurkan Android Versi 2.2 (Froyo). Dalam versi ini terdapat penambahan dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan dan kinerja 2-5 kali lebih cepat, integrasi V8 Javascript engine yang dipakai Google Chrome, pemasangan aplikasi pada SD Card, kemampuan Wi-Fi Hotspot Portable, dan kemampuan audio update dalam Android Market.

2.3 Gingerbread

Versi 2.3 Gingerbread ini diluncurkan pada tanggal 6 Desember 2010. Perubahan-perubahan yang ada pada versi ini antara lain ialah peningkatan kemampuan permainan (Gaming), peningkatan fungsi copy paste, user interface didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru, dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

3.3 Honey Comb

Khusus versi Honey Comb ini adalah android yang dirancang khusus buat tablet karena mendukung layar dengan ukuran yang lebih besar. Versi ini juga mendukung multi processor dan akselarasi perangkat keras untuk grafis.

4.0 Ice Cream Sandwich (ICS)

Versi ini pertama kali diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, memiliki fitur yang sama dengan honeycomb tapi membawanya untuk smartphone dan terdapat penambahan fitur baru seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, kontak jaringan sosial terpadu, perangkat fotografi tambahan, dapat mencari email secara offline, dan mampu berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

0 komentar:

Posting Komentar